Home

Oleh : Syaiful
Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Mau tau ikuti tipsnya:
Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.
Tentukan tujuan hidup
Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.
Kenali motivasi hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup anda, apa yang bisa melecut semangat anda untuk menghasilkan karya terbaik, dll. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.
Hilangkan Pikiran Jelek
Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.
Kini anda sudah tau kan cara mengetahui potensi diri anda? Ingat, potensi anda adalah kekuatan anda untuk menggapai sukses. Mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri anda. Semoga sukses..!

Iklan

25 thoughts on “MENGENALI KEMAMPUAN DIRI

  1. Salam ..

    maeuteup pak postingnya ‘Memang kalau kita mau mengenali diri kita mungkin dengan bercermin kepada hal -hal yang bersifat Positif dan selalu mengerim hafa nafsu kita

    dan selalu banyak berguru …( walah gak nyambung ya pak )

  2. terkadang kita lebih bisa memberikan saran kepada orang lain daripada ke diri kita sendiri karena kita ternyata tidak mengenal diri sendiri. Setuju, kita harus lebih banyak bertanya apa yang kita mau dan apa yang kita bisa. Nice post. Salam kenal 🙂

  3. Praktisnya mungkin bisa membuat peta hidup 1, 5 dan 10 tahun mendatang. Seperti yang dilakukan Fahri dalam novel AAC, perencanaan hidup digambarkan dalam selembar karton dan ditempel di dinding.

    Assalalmualaikum,
    Bapak Syaiful, salam ukhuwah dari Kalsel..

  4. makasih buat kunjungan na….. 🙂
    tips yg menarik… potensi wid dmn ya? xixixixii..
    do’akan aja ya pa, moga wid bisa jadi yg terbaik
    dunia n akhirat… Amien
    sukses slalu buat pa’Iful…

  5. salam kenal, sesama orang melayu.
    potensi kita berlimpah, di dalam diri-di luar diri, yang sering tak mampu kita lakukan dengan baik, adalah mengorganisir-menyinergikan potensi-potensi yang sudah ada dengan baik, menjadikannya lebih berguna untuk hidup. maka terbengakalailah semua kebaikan itu! semoga tidak begitu, bukan..
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s