Home

Oleh : Syaiful

sebagai orang tua kita ingin memberikan pendidikan yang terbaik pada anak kita. Dan hal itu dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti memilih sekolah yang baik buat anak-anak kita. Saat anak kita memasuki SD berbeda dengan TK, karena yang diutamakan adalah beradaptasi/sosiallisasi dengan teman sebayanya selain ada tujuan lain.

Bermain dan bersenang-senang merasakan, melatih kreatifitas anak, melatih motorik kasar anank, mempersiapkan anak pada saat masuk SD sudah tidak lagi susah dalam bergauldan beradaptasi dengan guru dan teman-temannya.

SEKOLAH
Pililah sekolah yang sesuai dengan agama, karena pelajaran agama sudah harus dikenalkan kepada anak dari sejak dalam kandungan orang tua dan sejak dia sudah mengenali agamanya. Atau mencari sekolah yang tidak berdasarkan agama sehingga diharapkan anak menyadari dan mengetahui adanya perbedaan agama, perbedaan suku sehingga anak dapat bersikap sopan terhadap yang lainnya.

LOKASI
Pilih lokasi sekolah dekat dengan rumah karena anak masih kecil, mudah untuk diantar dan dijemput. Jika terpaksa memilih sekolah jauh dari rumah, alternative penggunaan bis sekolah (angkutan umum) dapat dipertimbangkan. Bis sekolah dan angkutan umum dapat melatih anak untuk mandiri dan bersosialisasi dengan teman yang berada dalam bis sekolah atau angkutan umum .

KURIKULUM
Kurikulum, mutu pendidkan, serta kemampuan guru dan sekolah tidak mematikan kreatifitas anak didik dimana anak tidak dituntut mengikuti kehendak gurunya.

Pendidikan anak tidak hanya disekolah saja, tetapi dirumah dan disekitar masyarakat kita. Sebagai orang tua kita hanya membangun fondasi yang kuat untuk mereka termasuk mental dan agama serta orang tua dapat member contoh yang baik sebagai contoh teladan yang diterima anak lebih kurang 18 jam sehari diluar jam sekolah.

Apapun usaha dan harapan orang tua pada anak harus diingat bahwa itu adalah kehidupan anak bukan milik kita, maksud kita ingin anak kita kreatif dan mandiri agar kelak tercapai masa depan yang baik.

Iklan

23 thoughts on “PENDIDIKAN ANAK

  1. Salam kenal pak!

    Pendidikan anak bukan hanya disekolah saja, tetapi dirumah dan di masyarakat sekitar kita. Sebagai orangtua hanya berusaha membangun fondasi yang kuat untuk mereka termasuk mental-spiritual dan kita harus dapat menjadi teladan yang baik untuk anak kita.

  2. Ada satu lagi, pilihlah sekolah yg memiliki bangunan dan fasilitas yg lengkap. Jika harus bersekolah pd sekolah dgn bangunan yg apa adanya dgn fasilitas yg hampir tdk ada, tdk mengapa juga, karena itu akan mengingatkan dia bahwa menuntut ilmu itu bisa dimana saja dan dgn apa saja. Eh aq ngawur gak sih..

  3. Hmmmm, saya sangat prihatin sekali melihat pendidikan di Indonesia ini, belum mampu bangkit.

    Masih banyak sekali kurikulum yang tertinggal, bukan itu saja…
    Soal biaya masih di dalam kendala yang utama.

    Sehingga banyak sekali anak-anak Indonesia yang tidak dapat sekolah karena mahalnya biaya masuk sekolah.

    Bagaimana Indonesia mau maju, jika diNegara kita ini masih banyak orang-orang yang bodoh.(buta huruf)

    Salam

  4. Kalo sudah agak gede yang jadi pusat perhatian/penentu adalah minat-bakat sang anak ya pak. (dalam hal pemilihan sekolah dan jurusan sesuai bakat/minat)

  5. yang ke 4 itu harganya dong pak 🙂
    dan yang ke 5 komitmen sekolah terhadap pendidikan.

    jangan sampai anak masuk ke sekolah yang hanya memikirkan uang. Dan disekolahkan di sekolah yang tidak punya komitmen terhadap pendidikan

  6. Selamat malam, Pak Syaiful.. Kunjungan balasan.. 🙂

    Saya setuju kalau dari awal, anak-anak dimodali dengan agama yang kuat, sehingga insyaAllah lebih bisa menjaga diri.
    Mudah-mudahan saja kelak kalau sudah bersuami dan memiliki anak, saya dapat memberikan pendidikan yang layak buat anak-anak saya… Amin.

  7. Akhirnya…ada juga Caleg yang nge blog….nanti kalau jadi ,blognya tetap diteruskan ya pak,biar kita kita bisa tahu banyak hal di legislatif.
    Tentang sekolah,pendidikan untuk anak,…rasanya kita memang harus mencari yang terbaik sejak usia dini….Cuma ya itu…ono rega ono rupa….( bahasa jawa.+ ada harga ada kualitas….).

  8. Pak Syaiful …
    Tulisan Bapak ini pas banget dengan situasi saya sekarang …

    Anak sulung saya tahun ini INSYAALLAH akan menamatkan Madrasah Tsanawiyahnya …

    Saya saat ini sedang “berhitung” menimbang-nimbang pilihan sekolah untuk SMU/MA nya …

    Makasih ya Pak ..
    Salam saya

  9. Memilih sekolah, kadang kala ada sekolah yang dekat dengan rumah, namun mahal.

    Jadi intinya, ada baiknya pendidikan dasar untuk anak anak, itu berbiaya murah…jadi setiap golongan bisa menikmati hak mereka mengenyam pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s