Home

citybank Vatikan menghimbau industri perbankan mengadaptasi sistem keuangan syariah untuk memulihkan kepercayaan para nasabah dan mengatasi krisis yang melanda industri keuangan global.

Surat kabar resmi Vatikan Osservatore Romano dalam sebuah artikelnya menulis, bahwa sistem keuangan syariah yang mengedepankan etika bisa membawa para nasaba untuk kembali percaya pada sistem keuangan dan semangat dari makna layangan jasa keuangan yang sebenarnya. Untuk itu, bank-bank di negara-negara Barat seharusnya mengadopsi konsep syariah, misalnya konsep surat berharga syariah yang dikenal dengan sebutan Sukuk untuk jaminan.

Artikel itu menyebutkan, Sukuk bisa digunakan untuk membiayai industri otomotif atau membiayai pelaksanaan Olimpiade yang akan digelar di kota London. Pembagian keuntungan yang didapat dari Sukuk, bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan profit yang bisa membantu sektor otomotif dan investasi di bidang infrastruktur.

Karena dalam konsep Sukuk, uang hanya diinvestasikan pada proyek-proyek yang konkrit dan keuntungannya dibagi rata pada semua pihak.
pastur

Editor Obsservatore, Giovanni Maria Vian pada surat kabar Corriere della Sera mengatakan, setiap agama memiliki perhatian yang sama besar pada dimensi kemanusiaan dalam sektor perekonomian dan konsep ekonomi Islam sudah membuktikannya.

Iklan

42 thoughts on “VATIKAN HIMBAU INDUSTRI KEUANGAN BARAT ADOPSI SISTEM SYARIAH ISLAM

  1. assalammualaikum…
    akhirnya lama-kelamaan islam mulai diakui oleh dunia internasional…
    malah sekarang vatikan,pusat agama kristen yang mengakui agama islam….
    baik dari segi politik,ekonomi maupun sosial…
    subhanallah…
    Allah memang maha perkasa lagi maha bijaksana

  2. asslm..
    Sbenarnya petinggi vatikan tu..dah pada tau pak! cuma jarang banget yg mo mengungkapkan kebenarannya! gentle juga mreka…pelan tapi pasti mreka sndiri yang ngomong…kebenaran itu mahal harganya…

    • anda aj yg bru tao…
      cz kristen ri dlo to dch dmai aj dgn smw,,
      tp org2 yg tdk b’tgg jwb aj yg sllu ingn mlht
      ad’y kjhtn yg d’lkkn olh org kristeen…
      kmi sllu mngmgp smw khdn mnsia to
      layak d’akui,,,
      tp sllu sja Qmi d’angp tdk bnar….
      jd yg org mao to Qmi hruz bgmna j y….?????!!!!!!!!!!!
      PUUUUUUUUUSHINGGG JUGA SAYA NICH…..!!!!!!!!!!!!!!!

  3. Mungking sudah dari dulu bangsa eropa mengadopsi ilmu pengetahuan dari islam. Cuma mereka selalu mempunyai seribu cara untuk memutar balikkan kenyataan dan mereka terlalu sombong untuk mengakui kemajuan ilmu pengetahuan bangsa islam.

  4. Salam..
    Memang Ekonomi Syariah yang menerapkan keuntungan bersama saat ini menjadi trend dalam dunia ekonomi.

    Oya, Pak.. Komunitas Blogger Pekanbaru sudah terbentuk. Sudi kiranya Bapak ikut bergabung dan berbagi ilmu di sana. Informasinya ada di blog saya atau http://bloggerbertuah.blogspot.com.
    Terimakasih

    • Saya setuju bila kini Ekonomi Syariah yang menerapkan keuntungan bersama saat ini menjadi trend dalam dunia ekonomi.
      tapi tolong jangan di jadikan bahan argumen untuk saling menjatuhkan salah satu agama,,,,,,
      karena saya selalu mendengar dari setiap teman saya bahwa tidak ada agama yang mengajarkan orang berbuat jahat fitnah dan semua yang tidak baik………

    • Saya setuju bila kini ekonomi syariah di akui oleh negara,dean menjadi trend……..
      tapi tolong jangan di jadikan bahan argumen untuk saling menjatuhkan salah satu agama,,,,,,
      karena saya selalu mendengar dari setiap teman saya bahwa tidak ada agama yang mengajarkan orang berbuat jahat fitnah dan semua yang tidak baik………

  5. Salam.

    Pemilik blog ini adalah orang yang rendah hati, sudah punya blog bagus tapi mengaku masih pemula.

    Tetap menulis ya pa.

    Kita bagian yang mbaca.

    Salam

  6. Assalaamu’alaikum..

    Sesungguhnya apa yang Allah swt berikan kepada manusia mempunyai kebaikan yang seluas-luasnya untuk memudahkan manusia menjalani hidupnya di dunia ini. Tiada siapa yang berani menyangkal bahawa ajaran dan petunjuk syariah itulah yang terbaik buat manusia. namun masih ramai yang tidak mahu menerima kerana kesombongan yang ada pada dirinya.

    Salam hormat dari Malaysia.

  7. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Terima kasih kepada teman semuanya yang telah mengunjungi dan memberikan saran, kritik dukungan serta doa bagi saya. salam ukhuwah

  8. Mencerahkan. Utang dengan sistem kredit terbukti telah menghancurkan ekonomi Amerika dan menyusul Eropa dan negara-negara pengikutnya. Sudah saatnya kita tinggalkan sistem ekonomi yang menyengsarakan itu dan beralih ke syariah yang menenteramkan.

  9. Ass.

    Himbauan yang patut diikuti, karena dianggap dapat memperbaiki sistem yang selama ini berjalan, mungkin dengan cara melakukan adaptasi dengan sistem syariah dapat mengatasi krisis dunia saat ini.

    Himbauan untuk melakukan adaptasi, harus disikapi dengan rendah hati, karena masih ada tantangan dalam pelaksanaannya di tubuh umat Islam sendiri, atau belum menjadi sistem yang berlaku di negara2 yang mayoritas penduduknya Islam.

    Salam hangat

  10. mantab.. sangat jujur dan fair sekali.. salut dengan surat kabar resmi Vatikan Osservatore Romano. aku berharap semua manusia bisa berlaku jujur dan mengedepankan rasa saling menghargai dengan kejujuran tanpa ada rasa perbedaan agama.

  11. Di Indonesia banyak bank menyebut dirinya bank syariah tetapi praktiknya hampir sama dengan bank konvensional. Selain itu bank-bank ini juga dibiayai oleh perusahaan induknya yang notabene bank konvensional. Sehingga, tujuan mendirikan bank syariah itu tidak tercapai. Yang ada hanya membodohi nasabah…

    Artikel terbaru dari Murid Baru: Cerdas Bermedia dan Cerdas dari Media

  12. Buat pengetahuan, Hong Kong kini mendapat tempat pertama menguasai perbankan Islam diikuti Singapura dan Malaysia.

    Sistem anjuran Islam sudah diakui kebaikannya untuk semua oleh Asia. Tak lama lagi pasti Barat juga akan turut serta. Dan seperti yang dijangkakan, ekonomi dunia akan dikuasai Asia pula selepas ini..

    Kerana itulah akhbar tersebut menyatakan demikian..

    Salam perkenalan dr Malaysia (kini sedang berdakwah di China)

  13. Nah lho… Kita aja yang sebagai orang Islam kebanyakan belum menerapkan, padahal diluar sana orang non muslim udah ancang2 untuk menggunakan system syariah muslim… Nggak malu nih…

  14. selamat malam pak……..
    wah kagak usah salam kenal kan bapak setahun kemaren pernah ngecomand di tempat blue……coba buka lagi postingan blue yang lama pasti ada koq blog bapak………….blue kan tak pernah lupa sahabatnya sendiri.
    salam hangat selalu

    kita kan bersahabatan

  15. Pikiran terbuka unuk menilai, menjauhkan dari sikap subjektif….Kekuatan dan kebenaran ISLAM jarang disadari orang yang ngaku beragama ISLAM, justru dari mereka yang secara keyakinan bersebrangan…….

    Ada pelajaran, bukan kita hanya membanggakan akan sistem yang dicipta orang2 terdahulu, tapi sudahkah kita mengapikasikan…?

  16. Syariah Islam adalah hukum ciptaan Allah yang sempurna. Tentu termasuk masalah muamalah. Sedangkan sistim perbankan saat ini didominasi dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. So pasti keruntuhan sistim buatan manusia ini hanya menunggu waktu. Sistim yang hanya menguntungkan segelintir manusia.
    Bila Yahudi sejak lama sudah mengakui kebenaran Islam (namun tidak mau mengimaninya) sekarang giliran umat Nasrani. Cepat atau lambat kebenaran akan terungkap.
    Pak, saya mengajak Anda bertukar link. Saya sudah memasang link Anda. Silakan diperiksa.
    Saya sangat selektif bertukar link sehinggga “teman-teman” saya belum banyak.

  17. Assalamualaikum pak…
    Wah, suatu berita membanggakan nih buat kita, ummat islam..Namun sayang, banyak juga masyarakat Indonesia Islam yg tidak menggunakan Bank2 syariah,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s