Home

Gambar Bencana GempaBEGITU banyak musibah dan bencana akhir-akhir ini menimpa Indonesia. Untuk sekian kalinya, gempa mengguncang mulai dari Tasik Malaya, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu .

gamra bencanaRatusan jiwa menjadi korban dan ribuan rumah serta bangunan luluhlantak. Gempa yang terjadi ini, secara ilmiah memang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi/tektonik yang merupakan gejala alam. Tetapi, dibalik semua itu jelas ini merupakan cobaan dan peringatan dari Allah SWT untuk kita ambil pelajarannya.

Sebagai makhluk yang dibekali akal, sudah sepantasnya kita berpikir atas bencana ini, apa pesan Alloh melalui gempa yang melanda beberapa daerah di Indonesia terutama di Sumatera.
Alloh SWT telah berfirman dalam Alquran surat Albaqarah Ayat: 155 yang berbunyi: “Pasti Kami akan menguji kalian dengan sesuatu ketakutan dan kelaparan serta kekurangan harta, jiwa dan buah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Dalam kehidupan ini manusia tidak akan terlepas dari keadaan senang dan sedih. Senang bila mendapatkan karunia dan nikmat sedangkan sedih ila tertimpa suatu musibah atau bencana. Permasalahannya, bagaimana sikap kita pada saat kita dihadapkan suatu musibah. Datangnya musibah itu suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari lagi oleh manusia selaku makhluk yang lemah.

Alloh SWT mengajarkan kepada kaum beriman apabila terkena musibah agar meminta pertolongan pada Alloh serta memperbanyak kesabaran dan sholat. Semakin kuat iman seseorang, maka sebenarnya ujian dan musibah yang datangpun semakin banyak.

Dengan adanya gempa ini, ada beberapa pesan yang kita dapatkan. Pertama, kita harus mengintrospeksi diri kita. Apakah selama ini kita telah berbuat zalim dan kufur atas segala rahmat dan nikmat Alloh SWT. Terutama bagi para pemimpin negeri ini. Sebaiknya kita senantiasa bersyukur serta menjalankan segala perintahnya dan menjauhkan diri dari
segala larangannya..

Kedua, dengan adanya musibah ini Alloh menyuruh kita agar lebih peduli dengan alam dan sesama manusia. Dengan adanya musibah ini rasa solidaritas kita untuk saling membantu sebagai makhluk sosial timbul. Ketiga, Alloh ingin menguji keimanan dan kesabaran hamba-hamba-Nya. karena dengan ujian itu, Alloh benar-benar hendak memberitahukan orang-orang yang sebenarnya beriman dan hendak memberitahukan orang-orang yang beriman palsu.

Semoga Alloh SWT memberikan kekuatan dan ketabahan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam.

Iklan

17 thoughts on “ADA APA DENGAN GEMPA DI INDONESIA

  1. Assalamualekum…

    Salam hormat,

    Kami memperkenalkan asem! e-magz. Majalah online yang dapat dibaca dan diunduh langsung dan gratis. asem! e-magz merupakan majalah travelling (catatan perjalanan) dan berbagai hal yang berkaitan dengan industri kreatif. Kali ini, asem! e-magz #1, menyuguhkan tentang Catatan Perjalanan Selama 3 Hari Menyusuri Pantai Selatan Lumajang, Jawa Timur.

    Untuk membaca dan mengunduh asem! e-magz #1, silakan klik link di bawah ini:

    Atau mengunduh/ mendownload lebih mudah, silakan klik link berikut ini:
    MediaFire: http://www.mediafire.com/download.php?yxvzjnknknd
    4Share: http://www.4shared.com/file/141531754/31271bc2/asem_e-magz_edisi1.html

    Komentar, kritik dan saran, silakan kirim ke e-mail kami:
    anak.semeru@yahoo.com

    Kunjungi pula blog kami:
    http://anaksemeru.blogspot.com

    Jika Anda ingin berpartisipasi menjadi kontributor, memasang iklan dengan harga yang murah, mengajak/ mengundang kami untuk meliput potensi wisata daerah Anda atau ingin berbagi hal tentang industri kreatif, silakan kirim via e-mail.

    Kami sangat senang jika Anda adalah sahabat dan menjadi bagian dari kami.

    Terima kasih kami ucapkan atas waktu dan apresiasi Anda. Kami sangat menghargai hal tersebut.

    Wassalam…

    Salam sukses,

    anaksemeru

    info lebih lanjut, hubungi:
    Blog: http://anaksemeru.blogspot.com
    E-mail: anak.semeru@yahoo.com
    HP.: 081336088903 – 085732275885

  2. Segala peristiwa yang terjadi adalah kehendakNya,. Banyak hikmah yang harus dipelajari. dan menjadi renungan kita bersama, Demikian juga setelah gempa, kita sebiknya tidak berpangku tangan sendirian. Atau hanya sekedar menyaksikan kepedihan korban gempa.

    PS. saya comment berkali-kali tapi koq discarded terus, kenapa ya?

  3. sejak tsunami aceh desember 2004 sampai gempa 7.6 richter sumatra barat september 2009 harusnya sudah banyak belajar untuk reaksi cepat dan tanggap darurat, tapi sampai sekarang pemerintah selalu lambat bertindak dan pembagian sumbangan dari relawan tidakpernah merata

  4. isi kehidupan hanya ada dua ; pria-wanita, siang-malam, dst hakekatnya sebagai nikmat atau bala’ dirasakan dengan senang-susah, dan semuanya akan dinilai sebagai amal baik atau amal buruk, itulah yang harus senantiasa kita renungkan dalam setiap nafas & langkah, semoga ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s