Home

Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3) menilai, fatwa haram rokok bisa selamatkan umat Hidayatullah.com–Arus dukungan terhadap fatwa haram merokok yang dikeluarkan Majelis Tarjih Muhammadiyah terus mengalir.

Kali ini dari Ketua Bidang Penyuluhan dan Pendidikan Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3), Fuad Baradja.

Menurut Fuad Baraja, fatwa haram merokok bisa menyelamatkan umat manusia. “Fatwa haram merokok yang dikeluarkan Muhammadiyah sangat bagus. Bentuk lompatan ke depan yang luar biasa,” terangnya. Kepada hidayatullah.com ketika ditemui di Surabaya, dia mengatakan, fatwa haram merokok setidaknya bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya rokok.

Sebab, dengan fatwa setidaknya bisa menyelamatkan umat. Untuk itu dia menyayangkan adanya pihak yang merespon negatif, bahkan cenderung menentang fatwa tersebut. Apalagi, yang melakukan itu umat Islam. “Jika ada dari umat Islam sendiri yang tidak terima fatwa tersebut justru aneh.

Masa menyelamatkan umat Islam kok ditentang,” tegasnya. Lebih jelas dia mengatakan, setidaknya ada dua kemungkinan alasan bagi yang tidak setuju fatwa haram merokok. “Bisa karena tidak paham atau karena memiliki keuntungan dari rokok tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, Indonesia termasuk negara aneh dalam masalah rokok. Betapa tidak, dari sekitar 168 negara yang menolak rokok, justru Indonesia sebagai negara miskin yang menerima. Tidak hanya itu, pemerintah seolah membodohi rakyat. “Di satu sisi iklan rokok massif, namun edukasi dan informasi bahaya merokok sangat jarang, bahkan bisa dikatakan tidak ada,” ujarnya. Hal itu sangat bertolak belakang di negara maju.

Di Australia, setiap bungkus rokok ada gambar mengerikan akibat rokok. Tak hanya itu, agar tidak terjangkau masyarakat, harganya dinaikkan hingga mencapai Rp 100 ribu. “Indonesia menjadi serbuan industri rokok karena belum meratifikasi Framework Convention on Tobacco Control atau FCTC,” katanya. “Jadi, jangan bangga jika banyak investor rokok ke Indonesia. Sebab, tidak ada lagi yang mau, kecuali Indonesia,” tegasnya. Dia juga mengimbau agar petani tembakau tidak khawatir dengan fatwa tersebut. “Para petani tembakau seharusnya mengganti dengan jenis tanaman lain yang lebih menguntungkan,” ujarnya. Apalagi selama ini harga tembakau ditentukan oleh pihak industri rokok. Itu pun grade kualitasnya ditentukan pihak mereka. [ans/www.hidayatullah.com]

Iklan

24 thoughts on “Aneh Jika Ada Umat Islam Menolak Fatwa Haram Merokok

    • Namanya perokok pasif ya tentu tidak haram hanya kebahagian asapnya doang, tetapi tugas anda mengingatkan teman atau orang disekita anda bahwa merokok itu selain haram juga merugikan diri sendiri serta orang disekitar si perokok begitu Fitri. salam ya untuk teman teman kamu yang masih merokok

    • saya doakan niat baik anda untuk berubah dari kebiasaan yang tidak sehat ke yang baik, mudah mudahan niat baik anda menjadi ibadah, dan sesegera mungkin anda memulainya, begitu dari saya wahyu. salam untuk keluarga anda mudah mudahan keimanan anda lebih baik sekarang. Amin

    • memang susah kita mengaja orang ke jalan yang baik dan sehat, contoh siswa-siswa kita masih banyak yang merokok mereka bangga dengan perbuatannya. sudah tertangkap mereka masih saja mengulang perbuatannya. kayanya orang di rumah ibu itu masih anak sekolahan ya bu. hahaha.

      salam saja ke pada orang yang dirumah ibu itu muda-mudahan mereka besok tidak mengulangi lagi

  1. saya sendiri mantan perokok hampir 15 tahun dan Alhamdulillah ketika Tuhan memberikan jalan buat berhenti akhirnya saya mampu dengan sendirinyan tanpa perlu terapi sana sini dan sekarang saya berani mengajak semua orang untuk berhenti merokok karena nyatanya TIDAK BERMANFAAT SAMA SEKALI yang ada adalah MENYENGSARAKAN DIRI SENDIRI DAN KELUARGA

    dan saya setuju akan fatwa haram merokok kalaupun ada yang menolak itu semata-mata karena takut mata pencahariannya hilang toh masih ada jalan untuk mengais rejeki

    kalau masalah penerimaan negara dari rokok yaitu cukai masih bisa dengan hal lainnya

    buat saya sekarang STOP MEROKOK itu LEBIH BAIK

    salam

    • Alhamdulillah anda dapat meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat. selamat ya.
      dan kepada seluruh pengunjung Blog saya, saya himbau ini contoh sukses saudara kita, dapat meninggalkan kebiasaan yang tidak baik. mudahmudahan anda istikomah dalam masalah rokok ini.

      selamat ya

  2. Yang jelas rokok merupakan suatu hal yang tidak baik, karena hanya membuang uang-uang saja.. Tetapi mungkin dunia sudah terbalik… Kenyataan berkehendak lain…

  3. wah kalau menurut saya pribadi gak aneh sama sekali
    kalau emng rokok yang bener2 rokok tidak dicampur dari darah babi n more
    meski saya bukan perokok dan tidak suka sama sekli dgn bau rokok

  4. …tapi apa benar hukumnya haram ?
    setau saya hukum merokok itukan makruh ?
    memang rokok itu merugikan bagi kesehatan, tapi apa ga’ kasian sama orang2 yg bekerja di pabrik rokok, dg income perusahaan turun, otomatis akan terjadi phk, dan itu jumlahnya tidak sedikit.
    mohon kejelasannya…

    • wah BAB Rokok dan BAB PHK ya beda tidak bisa disamakan, di Australia saja harga rokok itu tinggi sekali sekitar Rp. 100.000 artinya negaranya tidak mendukung adanya pabrik rokok mereka menyadari hal itu. di kita sudah miskin tidak mau hidup sehat. ya susah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s