Home

Assalamu’alaikum wr wb

Semoga kita selalu berada dalam lindungan Alloh SWT, Amiin.

Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Dzulhijjah atau bulan haji atau sering disebut oleh orang Riau adalah bulan Hari Raya Haji.

Nah di bulan inilah umat Islam akan melaksanakan Rukun Islam yang ke lima yaitu melaksanakan Ibadah Haji (bagi yang mampu baik secara fisik maupun materi) semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah dan semoga menjadi haji yang Mabrur bagi yang melaksanakan ibadah haji pada tahun ini ” dan bagi umat Islam yang belum berangkat Ibadah Haji pada tahun ini, semoga Alloh memberikan RahmatNya agar bisa melaksanakan haji di tahun mendatang, Amiin.

Di bulan ini pula tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah dan Tasyrik 11,12 dan 13 Dzulhijjah umat Islam juga akan melaksanakan ibadah penyembelihan Hewan Qurban.

Penyembelihan Hewan Qurban ini tidak hanya bagi yang berangkat haji, bagi yang tidak berangkat pun dapat melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dan bagi tiap-tiap ummat telah Kami syari’atkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Alloh terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Alloh kepada mereka, maka Tuhanmu adalah Alloh yang satu karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh” (QS. Al Hajj : 34)

Pada umumnya hewan yang akan dijadikan qurban telah memenuhi syarat, namun ada beberapa tips/saran yang mungkin bisa jadi masukkan bagi yang akan melakukan qurban diantaranya:

1.     Mata bersih, bersinar, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air (eksudat), tidak berwarna merah (yang berarti juga tidak sedang terjadi perdarahan), dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang.

2.     Hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan. Selaput lendir hidung berwarna merah terang.

3.     Mulut dan gusi bersih, tidak ngiler, tidak mengeluarkan eksudat, tidak menganga, dan tidak ada bercak-bercak perdangan

4.     Celah kuku bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan, tidak ada pembengkakan.

5.     Rambut atau bulunya halus, mengkilap, tidak rontok, tidak mengalami kebotakan, tidak ada perubahan warna, tidak dihinggapi parasit kulit (caplak, tungau, kutu, dll.).

6.     Kulitnya lentur/elastis, tidak ada penebalan, tidak ada bisul, tidak ada luka.

7.     Bagian pangkal hingga ujung ekor bersih, licin, kering. Bulu ekor lebat, bersih, dan kering.

8.     Bagian dubur/anus bersih, kering, dan tidak menunjukkan tanda-tanda diare (mencret).

9.     Sikap berdirinya tegak, kokoh, kuat, dan bertumpu pada keempat kaki.

10. Gerak temperamennya bebas, lincah, kuat, bersemangat, tidak pincang, tidak gelisah, dan selera makannya bagus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s