Home

JAKARTA–MICOM: Berdasarkan fakta historis, Riau-Lingga dan sebagian besar Sumatra diyakini adalah jajahan Johor. Hal diungkapkan seorang warga Malaysia di sebuah forum dunia maya, Jumat (28/1).

Dalam postingnya di Malaysia Forum, Mohd Am, warga Malaysia mengatakan, nama Johor berasal dari kata Arab, jauhar yang berarti batu permata. Sebelum nama Johor dipakai, kawasan dari selatan sungai Muar hingga ke Singapura dikenali sebagai Ujung Tanah diambil namanya dari lokasinya di penghujung sememanjung Tanah Melayu. Johor juga disebutkan merupakan penghujung paling selatan daratan Asia. Sejarah Johor moderen bermula awal abad ke-16 setelah pembukaan sebuah negeri baru oleh Sultan Johor, anak Sultan Mahmud Shah, sultan terakhir kerajaan Melayu Malaka yang melarikan diri dari serangan Portugis. Dalam posting tersebut, dikatakan Kerajaan Johor berhasil mengembangkan ekonominya dan menjadi kekuasaam politik terpenting sesuai dengan lokasinya di jalur perdagangan timur-barat.

“Jadi harusnya sumatera itu bergabung balik ke Malaysia.. sumatera juga pingin merdeka dari Indonesia kerana bentrokan etnis dan SDAnya diambil oleh Pulau Kecil Jawa.. Sumatera itu bisa dijadikan markas untuk menyerang pulau Jawa kiranya perlu,” tulis Mohd Am.

Posting berjudul Sumatra itu milik Malaysia mendapat kecaman dan komentar dari berbagai pihak. Tercatat hingga saat ini ada lebih dari 11. 160 komentar terhadap tulisan warga Kuching tersebut. Media Indonesia

Iklan

4 thoughts on “GILIRAN SUMATRA DIKLAIM MILIK MALAYSIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s