Home

BOGOR- Jumlah anggaran belanja untuk merokok yang dilakukan orang miskin di Kota Bogor diperkirakan mencapai Rp20,5 Miliar per tahun. Ironisnya anggaran tersebut lebih banyak dibanding untuk anggaran belanja, pendidikan dan kesehatan.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Triwandha Erlan, angka itu didasarkan survei yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor. Menurutnya jumlah tersebut bisa dilihat dari rincian jumlah warga miskin di Kota Bogor sebanyak 41.398 jiwa dengan jumlah perokok 60 persennya sebanyak 24.800 jiwa.

Pengeluaran untuk merokok per orang minimal per bulan sebesar Rp69.000. Sehingga jika dijumlahkan pengeluaran pertahun warga miskin Bogor yaitu 24.800 kepala keluarga kali Rp69.000 x 12 sama dengan Rp. 20.533.400.000.

Triwandha Erlan menjelaskan, jumlah anggaran untuk merokok di Kota Bogor melebihi jumlah jumlah anggaran pendidikan dan kesehatan. “Jumlah anggaran untuk membeli rokok atau alkohol sebesar 7 persen, sedangkan anggaran pendidikan di Kota Bogor 6,4 persen dan kesehatan 2 persen,” ujar Triwandha.

Untuk itu, kata Triwandha, dengan adanya perda no 12 tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Perwali No 7 tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan daerah Kota Bogor no 12 tahun 2009 diharapan bisa menimalisir jumlah perokok terutama di 8 kawasan tanpa rokok. “Kawasan tanpa rokok tersebut di antaranya tempat umum, kerja, ibadah, bermain anak – anak, angkutan umum, sekolah, sarana kesehatan dan olahraga,” kata Triwandha.

Atas kebijakan tersebut, kata Triwandha saat ini Kota Bogor menjadi contoh atau model sebagai kota yang menerapkan pelarangan merokok. “Kota Bogor saat ini menjadi studi banding bagi daerah – daerah lain di seluruh Indonesia,” pungkas Tri.

Iklan

2 thoughts on “BERAPA BIAYA ROKOK SESEORANG PER TAHUN?

  1. wah uang segitu cuma jd asap aja & gak bisa dinikmatin org laen,
    saya sering mndapati t4 dmn org dlarang merokok, dulu di RS sya bkerja byk tulisan “Dilarang Merokok”,
    tp krn tdk ada pngawasan yg ketat jd ttp saja byk yg tnp dosa merokok d RS

  2. wah uang segitu cuma jd asap aja & gak bisa dinikmatin org laen,
    saya sering mndapati t4 dmn org Dilarang Merokok tp ttp bandel,
    dulu di RS sya bkerja byk tulisan “Dilarang Merokok”,
    tp krn tdk ada pngawasan yg ketat jd ttp saja byk yg tnp dosa merokok d RS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s