Home

Bulan-Bintang.Org-Pemerintahan SBY  kembali membuat keputusan yang kontroversial.Keppres tentang grasi Schapelle Corby (34), warga Australia, mendapat kritikan dari berbagai kalangan.Keputusan  Presiden memberikan grasi dinilai bertentangan dengan semangat pemerintah untuk menumpas peredaran narkoba di Indonesia.Selain itu grasi yang di berikan kepada Corby melukai rasa keadilan,  dimana disatu sisi pemerintah melakukan pengetatan pemberian remisi, asimilasi dan pembebasan bersyarat untuk kasus narkoba tapi disisi lain pemerintah memberikan   grasi kepada  Corby.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang, Abdurrahman Tarjo, SH , Jumat  (25/05/2012) ketika ditemui di Markas Besar Partai Bulan Bintang Jl. Raya Pasar Minggu, Jakarta, mengatakan pemberian grasi  dari Presiden SBY kepada Corby itu jelas melukai rasa keadilan. Kebijakan itu dibuat dengan tidak mempertimbangkan perasaan  ribuan nara pidana narkoba yang remisi, asimilasi dan pembebasan bersyaratnya tidak diberikan karena adanya kebijakan moratorium remisi yang dibuat oleh Kementerian Hukum dan Ham.

“Selama ini kita mendengar bahwa pemerintah serius melakukan pemberantasan peredaran narkoba. Tapi  tiba-tiba ada kebijakan memberikan grasi kepada terpidana narkoba. Kebijakan ini meneguhkan kembali bahwa pemerintah memang tidak konsisten menjalankan kebijakannya sendiri” tegas Abdurrahman Tarjo.

Menurut Abdurrahman Tarjo, kalau pemerintah mengeluarkan keputusan grasi ini karena untuk menarik simpati pemerintah Australia agar melepaskan warga negara RI yang ditahan di Australia, ini menunjukkan betapa lemahnya negosiasi dengan Australia.” Tahanan kita di Australia itu adalah nelayan yang memang tidak mengerti tapal batas dan posisinya masih tahanan  dan belum  proses hukum,  boleh jadi mereka adalah orang-orang yang tidak bersalah, kemudian ditangkapin. Jadi pemerintah SBY sekarang ini tidak memiliki daya tawar yang kuat dengan pihak Australia ” lanjut Abdurrahman.  (sam-pbb).

Sumber Berita : bulan-bintang.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s